Definisi Dan Pengertian Penyakit Tbc - Berita Herbal

Latest

Hidup Sehat, Belanja Hemat

Sunday, August 26, 2018

Definisi Dan Pengertian Penyakit Tbc

Definisi Dan Pengertian Penyakit Tbc



Definisi Dan Pengertian Penyakit Tbc - Penyakit Tbc ( Tuberkulosis ) adalah sebuah penyakit infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan manusia yang disebabkan oleh bakteri. 

Bakteri penyebab penyakit Tbc ini merupakan jenis bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengobati penyakit Tbc ini. 

Secara umum, bakteri ini lebih sering menginfeksi organ pernapasan paru-paru (90%) dibandingkan dengan bagian lain pada tubuh manusia.

Penyakit Tbc ( Tuberkulosis ) merupakan jenis penyakit menular yang sampai saat ini masih menjadi perhatian seluruh dunia. Sampai saat ini, bahkan belum ada satu negara pun yang bebas dari penyakit Tbc. 

Angka kematian dan kesakitan akibat bakteri mycobacterium tuberculosis ini pun sangat tinggi. Kita harus mengetahui bahwa penyakit Tbc dapat menyerang siapa saja (tua, muda, laki-laki, perempuan, miskin, atau kaya) dan juga dapat menyerang dimana saja. 

Berdasarkan data yang ada, setiap tahunnya di Indonesia bertambah dengan seperempat juta kasus baru Tbc dan sekitar 140.000 kematian terjadi setiap tahunnya disebabkan oleh penyakit Tbc. Dan yang lebih penting, saat ini Indonesia berada pada urutan ketiga terbesar sebagai negara dengan masalah penyakit Tbc di dunia.

Seperti yang telah kami singgung diatas, penyakit Tbc ini merupakan jenis penyakit menular yang kerap kali menyerang paru-paru, penyebaran virus ini terjadi ketika penderita Tbc berbicara, meludah, batuk dan bersin. Pada sebagian kasus, tidak semua orang yang menghirup virus Tbc dapat langsung dinyatakan menderita penyakit Tbc.

Hal ini karena daya tahan tubuh tiap orang berbeda-beda, sehingga seorang yang memiliki daya tahan tubuh lebih kuat jarang menderita penyakit Tbc walaupun pernah menghirup udara yang tercemar oleh virus dan bakteri.

Biasanya orang yang mudah tertular penyakit Tbc adalah orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah serta orang yang kekurangan gizi. 

Selain itu lingkungan yang kurang baik juga akan berdampak negatif bagi orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga mereka dengan mudah terinfeksi kuman Mycobacterium tuberculosa

Yang harus Anda ketahui lebih lanjut tentang penyakit ini ialah bahwa penyakit Tbc tidak hanya ditularkan ketika penderitanya berbicara, meludah, batuk dan bersin, Namun juga penularan Tbc dapat terjadi ketika penderita Tbc berciuman, makan dengan peralatan yang sama, minum dengan gelas yang sama, gosok gigi dengan sikat yang sama dan berhubungan intim.

Itulah pembahasan kali ini yang mengenai tentang pengerian penyakit Tbc, semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua dan terimakasih atas kesediannya mengunjungi situs kami.

Baca Juga : Obat Tradisional Tbc

Posted By Herita Herbal

Definisi Dan Pengertian Penyakit Tbc


No comments:

Post a Comment