Berikut Ini 5 Pantangan Makanan Untuk Tbc Paru - Berita Herbal

Latest

Hidup Sehat, Belanja Hemat

Thursday, August 23, 2018

Berikut Ini 5 Pantangan Makanan Untuk Tbc Paru

Berikut Ini 5 Pantangan Makanan Untuk Tbc Paru


Berikut Ini 5 Pantangan Makanan Untuk Tbc Paru - TB (sering disebut Tbc) atau tuberculosis merupakan penyakit infeksi paru yang disebabkan oleh kuman yang disebut sebagai mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini masuk melalui saluran pernapasan kemudian bersarang di saluran napas dan paru.

Bagi mereka yang positif mengidap Tbc, pola makan yang benar sangat menentukan perkembangan kesehatan dan efektivitas pengobatan. Sebab, secanggih apapun pengobatannya jika tidak disertai dengan pola makan yang benar dan sehat tetap saja terasa sia-sia.

Menurut dokter spesialis paru, dr Boedi Swidarmoko, SpP(K), jika ingin sembuh total dari penyakit ini, menjauhi pantangan makanan adalah keharusan bagi pasien TB paru.

Lalu Apa Saja Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Tbc ?

1. Gorengan

Makanan berminyak merupakan pantangan makanan Tbc nomor satu yang harus Anda hindari karena dapat menyebabkan batuk. Makanan seperti Ayam Goreng, Ikan Goreng, Kentang Goreng, Roti Goreng dan Snack Gorengan merupakan daftar teratas yang harus Anda buang dari daftar makanan harian.

Kandungan lemak jenuh dalam makanan yang digoreng dapat memperparah peradangan dan memperburuk gejala Tbc serta membawa risiko penyakit lain seperti Tekanan Darah, Kolesterol, Asam Urat dan Jantung.

2. Terasi

Terasi merupakan bahan makanan yang populer sebagai bumbu tambahan pelengkap sambel. Namun, konsumsi terasi bagi penderita tuberkulosis ( Tbc ) dapat memperburuk penyakit. Hal ini dikarenakan dengan kandungan rhodamin B dalam terasi dapat menyebabkan iritasi paru-paru. 

Bila dikonsumsi secara terus-terus, Rhodamin B dapat menjadi zat karsinogenik dalam tubuh. Mulai ini hendaknya mengurangi konsumsi terasi.

3. Daging Kambing

Bagi penderita radang paru-paru, baiknya mulai menghindari konsumsi daging kambing. Karena selain tingginya kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam daging kambing yang dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi. 

Daging kambing juga memiliki senyawa aktif yang dapat meningkatkan produksi zat nitrosamin yang merupakan penyebab TBC. Bagi penderita TBC konsumsi daging kambing hanya akan memperparah keadaan.

4. Alkohol

Penderita TBC perlu memperhatikan asupan alkohol, alkohol sendiri tidak hanya terdapat pada minuman keras. Namun, buah seperti Durian dan Anggur serta makanan Tape juga memiliki kandungan alkohol. 

Dampak buruk alkohol adalah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol dan berujung pada penyakit jantung.

Alkohol juga buruk bagi paru-paru karena dapat mempercepat peningkatan nitrosamin di dalam paru-paru. Oleh karenanya, alkohol pantangan TBC.

5. Makanan Manis

Makanan manis merupakan makanan yang dilarang untuk penderita TBC. Makanan bergula tinggi yang menggunakan gula halus seperti sereal, puding, kue kering, gula putih, dan roti putih mulai saat ini harus dihindari.

Informasi Gembira

Kini telah hadir Qnc Jelly Gamat yang telah tebukti dan teruji khasiatnya dalam menyebuhkan ( mengatasi ) penyakit Tbc secara cepat dan aman. Hingga saat ini sudah banyak konsumen yang berhasil sembuh melalui perantara QnC Jelly Gamat sebagai Obat Tbc paling tepat dan efektif saat ini.

Informsi Lebih lanjut => Obat Tradisional Tbc

Posted By Herita Herbal

Berikut Ini 5 Pantangan Makanan Untuk Tbc Paru

No comments:

Post a Comment