Berikut Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan - Berita Herbal

Latest

Hidup Sehat, Belanja Hemat

Friday, August 17, 2018

Berikut Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Berikut Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan


Berikut Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan - Sirsak merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Rasa sirsak manis dan asam. buah sirsak atau dagingnya kaya akan serat. 

Setiap 100 g daging sirsak yang dimakan mengandung 3.3 g serat yang dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat per hari. Selain mengandung serta, juga mengandung banyak karbohidrat (terutama fruktosa, vitamin C, B1, dan B2.

Selain daging buahnya yang kaya akan gizi, daunnya pun mengandung senyawa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Daun sirsak memang merupakan bagian yang paling bermanfaat bagi kesehatan. 

Bahkan daun sirsak menjadi populer ketika hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa terdapat senyawa yang dapat mengobati kanker dalam daun sirsak.

Berikut Ini Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Diantaranya :

Daun sirsak kaya akan beberapa senyawa termasuk protein, kalsium, fruktosa, lemak, vitamin A dan B dan sejenisnya. Dengan demikian, daun memiliki sifat obat yang sangat baik membuat mereka dapat digunakan sebagai bahan dalam beberapa produk kesehatan herbal. Manfaat kesehatan daun sirsak adalah sebagai berikut.

1. Sirsak Dapat Membunuh Kanker

Salah satu manfaat daun sirsak yang utama dan membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah kemampuannya untuk mengobati kanker. Daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. 

Karena acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker. Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin.

Fungsi Acetogenin adalah menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Cara mengolah daun sirsak untuk mengobati kanker :

  • Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral
  • Tunggu hingga airnya hanya tersisa 1/2 nya saja
  • Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin
  • Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan

2. Mengobati diabetes

Penelitian telah membuktikan bahwa senyawa yang ada pada daun sirsak dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Karena daun sirsak mengandung banyak antioksidan yang di dalamnya terdapat senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. 

Faedah dari antioksidan adalah untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat. Baca Juga : Tanaman Obat Herbal Untuk Penyakit Diabetes

3. Menghilangkan kutu

Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah dengan menggunakan air rebusan untuk mencuci rambut.

4. Mengobati asam urat

Selain bisa untuk mengobati kanker, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati asam urat. Mirip dengan cara kerja mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak seperti : 

Acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dapat dimanfaatkan untuk mengobati asam urat. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Baca Juga : 6 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami Dan Murah

Cara mengolah daun sirsak untuk mengobati asam urat :

  • Rebus 10 lembar daun sirsak (pilih yang agak tua) dengan 3 gelas air mineral
  • Rebuslah hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja
  • Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin
  • Minum dengan rutin setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan

5. Mengobati kolesterol

Bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak pula. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. 

Cara mengolah daun sirsak untuk mengobati kolestrol :

  • Rebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral
  • Rebus hingga air hanya tersisa nya saja
  • Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin
  • Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan

6. Mengobati kista ovarium

Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita. Kista ovarium atau tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker. 

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, kamu hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak.

Cara mengolah daun sirsak untuk mengobati kista ovarium :

  • Rebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. 
  • Rebus hingga air hanya tersisa 1/2 nya saja. 
  • Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. 
  • Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan. 
 7. Mengobati penyakit paru-paru

Sebagai anti-bakteri, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati penyakit paru-paru baik paru-paru basah maupun kering. 

Sekian dari pembahasan kali ini yang mengenai tentang manfaat daun sirsak untuk kesehatan, semoga dengan adanya penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga : 


Posted By Herita Herbal

Berikut Ini 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

No comments:

Post a Comment